Anak Tumbuh Optimal, Simak Tips Memilih Susu agar Terhindar dari Stunting!

Anak Tumbuh Optimal, Simak Tips Memilih Susu agar Terhindar dari Stunting!

-(Pixabay/tung256)-

KARAWANGBEKASI,DISWAY.ID - Anak membutuhkan banyak gizi dan nutrisi untuk mendukung tumbuh dan kembangnya, Moms. Salah satu cara yang diyaikini dapat memenuhi nutrisi adalah dengan pemberian susu pada anak.

 

Jika gizi dan nutrisi yang didapatkan tidak tercukupi, bisa jadi anak berisiko terkena stunting. Stunting merupakan kondisi di mana pertumbuhan dan perkembangan anak terganggu akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang.

 

Melansir dari situs resmi Kemenkes RI, anak yang mengalami stunting ditandai dengan panjang atau tinggi badannya yang berada di bawah standar.

Yuk simak tips memilih susu agar terhindar dari stunting berikut ini!

 

Apa Itu Stunting?

 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), stunting adalah kondisi perawakan pendek pada balita yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis. Pada tahun 2022, Indonesia menempati peringkat ke-4 sebagai negara dengan tingkat stunting tertinggi setelah India, Nigeria, dan Pakistan.

 

Stunting dapat diidentifikasi dengan tinggi badan anak yang berada di bawah standar yang seharusnya. Dalam konteks medis, kondisi stunting terjadi ketika tinggi badan anak berada di bawah kurva pertumbuhan yang dianggap normal.

BACA JUGA:Jangan Berlebihan, Ini Manfaat dan Bahaya Empeng bagi Bayi yang Moms Harus Tahu!

 

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko stunting, dan salah satu faktor utamanya adalah kekurangan asupan gizi dalam jangka panjang. Terdapat persepsi umum bahwa faktor genetik berperan besar dalam pertumbuhan anak yang pendek, tetapi kenyataannya, kontribusi genetika hanya bersifat sebagian kecil dalam kondisi kesehatan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: